Berpulangnya Sang Tokoh Pemekaran, Rakyat Morotai Berduka

i-malut.com, MOROTAI – Masyarakat Kabupaten Pulau Morotai dikejutkan dengan meninggal dunianya Drs. Lukman SY Badjak, kepala Kesbangpol Pemda Pulau Morotai, secara mendadak, sehingga membuat banyak masyarakat tidak mempercayai informasi ini. Bagimana tidak, Lukman diketahui sebelumnya dalam keadaan sehat secara fisik.

Untuk membuktikan kebenaran informasi ini, ratusan masyarakat berbondong-bondong mendatangi RSUD Morotai, ternyata benar adanya informasi duka tersebut. Tubuh sang pejuang pemekaran Kabupaten Pulau Morotai, Lukman Bajak, sudah terbujur kaku di ruang UGD RSUD morotai.

Suasana sedihpun meliputi seluruh masyarakat yang melayat di RSUD, karena Almarhum dikenal sebagai orang baik, pejuang pemekaran Kabupaten Pulau Morotai dan juga sebagai pejabat di Kabupaten Pulau Morotai.

Tetesan air mata warga Morotai tak dapat dibendung lagi, karena mereka merasa sangat kehilangan tokoh yang berjasa atas dimekarkannya Kabupaten Pulau Morotai.

“Ya Allah almarhum orang baik, banyak kenangan yang dia tinggalkan untuk kami, saya pertama jadi PNS di morotai ,beliau yang ajari saya disiplin, kejujuran, keihlasan dalam bekerja, serta loyal terhadap pemimpin, selain itu almarhum sangat berjasa dalam perjuangan pemekaran kabupaten pulau morotai, sehingga kita bisa seperti ini” ungkap Fahmi Usman, salah satu PNS pemda morotai bercerita penuh kesedihan diwajahnya.

Sesuai informasi yang dihimpun i-malut.com bahwa almarhum punya aktifitas rutin tiap pagi usai sholat subuh melakukan joging dan pada rabu 12/04/2018 pagi-pun almarhum seperti biasa melakukan joging, setelah itu pulang ke rumah bersiap-siap untuk pergi ke kantor. Namun Allah berkehendak lain, ketika almarhum hendak siap-siap mandi, Ia merasa sesak napas, sehingga dilarikan ke rumah sakit, tetapi tidak dapat di selamatkan lagi.

“Almarhum memang punya riwat penyakit mag dan jantung, jadi tadi pagi almarhum mau mandi tiba-tiba sesak napas, dan dilarikan ke RSUD sekitar jam 08 pagi, namun sudah tidak tertolong lagi, mungkin ini jalan yang Allah sudah tetapkan,” jelas Yakmil Abdul Karim, Kabid Sosial dan Politik, Kesbangpol Pulau Morotai.

Lanjut yakmil, Beliau pimpinan saya saat ini di Kesbangpol, almarhum orangnya sangat baik dan bijaksana. Tidak pernah marah terhadap staf, dan lebih banyak memberi nasehat.

“Almarhum Lebih mengutamakan kpentingan staf dan sangat disiplin trhadap tugas dan tanggung jawab” kenang yakmil.

Kekaguman ini juga disampaikan akademisi UNIPAS Morotai, Irfan Hi Abdurrahman,

“Innaa Lillahi wa Innaa Lillaihi Raji’un, sesungguhnya setiap mahluk hidup akan mengalami kematian. Sesungguhnya kita semua adalah milik Allah dan

kita semua akan kembali ke Hadirat-Nya. Pada hari ini rabu 11 April 2018 segenap rakyat morotai harus kehilangan sosok yang begitu besar berjasa memekarkan kabupaten pulau morotai. Kepergian beliau sangat mengagetkan kita Semua. Almarhum Bapak Drs Lukman Badjak. Yang kami kenal adalah merupakan figur yang sangat bijaksana, sabar, pengayom dan teguh memegang prinsip” jelas irfan mengenangnya.

Irfan juga menambahkan bahwa, Beliau telah menunjukkan dedikasi dan komitmen yang tinggi pengabdianya terhadap rakyat morotai.

“Perjuangannya telah membuahkan hasil tapi, beliau tidak pernah menujukan kesembonganya sebgai tokoh yang berjasa terhadap rakyat morotai beliau tetap rendah hati sebagai abdi negara hal itu dibuktikan beliau ditempatkan dimana saja selalu siap melaksanakannya dengan penuh tangungg jawab.” ucap irfan mengaguminya.

Lanjutnya, kami merasa kehilangan akan sosoknya, kami masih membutuhkannya dan akan selalalu membutuhkanya, tetapi Allah lebih mencintainya, hari ini kita harus merelakan kepergiannya.

“Atas nama rakyat morotai kami, mengucapkan terima kasih kepada almarhum Bapak Lukman Badjak, atas perjuangannya, memekarkan Kabupaten Pulau Morotai, semangat dan perjuanganmu akan senantiasa kami kenang sepanjang masa dan kami jadikan pelajaran untuk mengisi jerih paya perjuanganmu. Kepada keluarga yang ditinggal kami mengucapkan turut berbelasungkawa yang mendalam atas kepergian Almarhum, kami semua ikut berdoa agar arwah beliau diterima di sisi Allah SWT sesuai amal dan ibadahnya serta diampuni segala dosanya. Juga tidak lupa atas rakyat morotai mendoakan agar Ibu dan putra-putri almarhum maupun keluarga yang ditinggalkan, dapat kiranya diberikan oleh Allah SWT keikhlasan, kekuatan dan ketabahan dalam melepas kepergian almarhum” harapan dan doanya mengahiri komentarnya.

Sesuai pantauan i-malut.com, almarhum yang sebelumnya direncanakan dimakamkan di Morotai tapi tidak jadi, karena seluruh anak-anaknya berada di ternate, dan mereka meminta jasad ayah mereka dibawa ke ternate.

Ribuan masyarakat Kabupaten Pulau Morotai mengantar mengiringi jenazah almarhum Lukman Badjak ke pelabuhan speed Daruba. jasad almarhum di antar menuju tobelo menggunakan Speed pemda pada jam 10 pagi, kemudiam melintas dengan mobil ke sofifi dan kemudian ke ternate, dirumah duka di kelurahan koloncucu ternate untuk disemayamkan.

Almarhum bertugas sebelumnya Pulau Morotai statusnya masih kecamatan di bawah Kabupaten Halmahera Utara, dan almarhum menjabat sebagai camat morotai selatan sampai mengantar morotai menjadi kabupaten definitif.

“Almarhum merupakan Camat terlama di Kecamatan Morotai Selatan, karena kesuksesan dalam bertugas. selanjutnya dalam perjuangan pemekaran Pulau Morotai menjadi Kabupaten, almarhum banyak berkorban, baik harta, jabatan, tenaga dan pikirannya, jasa-jasa almarhum selalu kami abadikan dalam sejarah pemekaran pulau morotai”. ungkp Syakir Sandri, kawan seperjuangan almarhum dipemekaran Pulau Morotai.

Berikut Profil Almarhum Drs.Lukman Sy Badjak, tanggal lahir Galela 16 Nov 1965. Jabtan saat ini, Kepala Badan Kesangpol Morotai. meninggalkan 3 org anak dan seorang istri. Karier : Camat Morsel, Kepala Kantor Kesbangpol 2009-2011, Staf Ahli Bupati 2012-2014, Asisten 1 2014-2017, Kaban Kesbangpol 2017-April 2018.

Almarhum Drs. Lukman Sy Bandjak, Kepala Kesbangpol Morotai

Rep/Red : (Lilo)

__

Iklan Layanan

Komentar disini

i-malut.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

 

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI

Drupadi BMI Malut Desak Polda Malut Usut Tuntas...

Ternate -- Drupadi Bintang Muda Indonesia (BIM) Maluku Utara (Malut), desak Polda Malut untuk segera mengusut tuntas kasus pemerkosaan yang dilakukan oleh salah satu oknum Polisi berpangkat Briptu pada...

Dampingi Luhut Resmi Pabrik Bahan Baku Batrai, Bupati...

Labuha -- Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), ikut mendampingi Menteri Koordinator bidang kemaritiman, Luhut Bizar Pandjaitan, dalam peresmian Pabrik bahan baku baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia yang memproduksi...

Lagi, Jembatan Pitago Bailengit Rusak

Tobelo -- Sangat memprihatinkan, jembatan Wailamo yang menghubungkan Desa Pitago dan Desa Bailengit Kecamatan Kao Barat Kabupaten Halmahera Utara, lagi-lagi kembali rusak. Padahal, jembatan tersebut belum lama ini telah...

Dinas P3A Malut Bakal Kawal Kasus Pemerkosaan di...

Sofifi -- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Provinsi Maluku Utara (Malut) akan mengawal kasus pemerkosaan terhadap korban yang masih dibawah umur, yang diduga dilakukan oknum Polisi di...

Kembali marak, Babinsa Waiman ingatkan warga terkait Bahaya...

Sanana, Perang terhadap Corona Virus Disease atau Covid-19 belum selesai, bahkan kini ada varian baru terkait virus ini. Untuk itu Pemerintah Indonesia, mulai dari Pusat maupun Daerah kembali mengingatkan...

Bergerak Cepat, DPD BMI Malut Mengakar Hingga ke-Pelosok...

Ternate -- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Bintang Muda Indonesian (BMI) Maluku Utara, gencar melakukan sosialisasi serta konsolidasi dan verifikasi faktual, guna membentuk DPC Kabupaten/Kota se-Provinsi Maluku Utara (Malut). Hal ini...

Besok, Disdik Kota Ternate Lounching Sekolah Insklusif di...

Ternate - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ternate pada Rabu 23 Juni 2021 besok akan Lounching Sekolah Insklusif, bertempat SD Negeri 6 Kota Ternate, Kelurahan Kampung Makasar Barat, Kota Ternate...

Sambut kedatangan Mendagri Tito Karnavian, APMS pasang baliho...

Sanana -- Aliansi Peduli Masyarakat Sula atau APMS kepada media ini memberikan penjelasan terkait Sikap Bupati Sula memutasi dan merotasi 57 jabatan termasuk menon-jobkan Sekda Kepulauan Sula, sebagai perbuatan...

Babinsa Sekom Pelopori Giat Bhakti, ajak Warga dan...

Sanana -- Kelompok Masyarakat Desa yang mempunyai paradigma maju dan berpikir positif adalah suatu kekuatan dan aset untuk membangun sebuah Desa, ditambah lagi dengan Kelompok Mahasiswa dalam satuan tugas...

BERITA UTAMA

Dampingi Luhut Resmi Pabrik Bahan Baku Batrai, Bupati...

Labuha -- Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), ikut mendampingi Menteri Koordinator bidang kemaritiman, Luhut Bizar Pandjaitan, dalam peresmian Pabrik...

Maslan Jabat PLH Sekda Halsel, Helmi Dikabarkan Sakit

Labuha – Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), mengangkat Maslan Hi. Hasan,SH,M.Si, Kepala Bagian (Kabag) organisasi sebagai Asisten Perekonomian dan...

ARTIKEL TERKAIT

Berpulangnya Sang Tokoh Pemekaran, Rakyat Morotai Berduka

i-malut.com, MOROTAI – Masyarakat Kabupaten Pulau Morotai dikejutkan dengan meninggal dunianya Drs. Lukman SY Badjak, kepala Kesbangpol Pemda Pulau Morotai, secara mendadak, sehingga membuat banyak masyarakat tidak mempercayai informasi ini. Bagimana tidak, Lukman diketahui sebelumnya dalam keadaan sehat secara fisik.

Untuk membuktikan kebenaran informasi ini, ratusan masyarakat berbondong-bondong mendatangi RSUD Morotai, ternyata benar adanya informasi duka tersebut. Tubuh sang pejuang pemekaran Kabupaten Pulau Morotai, Lukman Bajak, sudah terbujur kaku di ruang UGD RSUD morotai.

Suasana sedihpun meliputi seluruh masyarakat yang melayat di RSUD, karena Almarhum dikenal sebagai orang baik, pejuang pemekaran Kabupaten Pulau Morotai dan juga sebagai pejabat di Kabupaten Pulau Morotai.

Tetesan air mata warga Morotai tak dapat dibendung lagi, karena mereka merasa sangat kehilangan tokoh yang berjasa atas dimekarkannya Kabupaten Pulau Morotai.

“Ya Allah almarhum orang baik, banyak kenangan yang dia tinggalkan untuk kami, saya pertama jadi PNS di morotai ,beliau yang ajari saya disiplin, kejujuran, keihlasan dalam bekerja, serta loyal terhadap pemimpin, selain itu almarhum sangat berjasa dalam perjuangan pemekaran kabupaten pulau morotai, sehingga kita bisa seperti ini” ungkap Fahmi Usman, salah satu PNS pemda morotai bercerita penuh kesedihan diwajahnya.

Sesuai informasi yang dihimpun i-malut.com bahwa almarhum punya aktifitas rutin tiap pagi usai sholat subuh melakukan joging dan pada rabu 12/04/2018 pagi-pun almarhum seperti biasa melakukan joging, setelah itu pulang ke rumah bersiap-siap untuk pergi ke kantor. Namun Allah berkehendak lain, ketika almarhum hendak siap-siap mandi, Ia merasa sesak napas, sehingga dilarikan ke rumah sakit, tetapi tidak dapat di selamatkan lagi.

“Almarhum memang punya riwat penyakit mag dan jantung, jadi tadi pagi almarhum mau mandi tiba-tiba sesak napas, dan dilarikan ke RSUD sekitar jam 08 pagi, namun sudah tidak tertolong lagi, mungkin ini jalan yang Allah sudah tetapkan,” jelas Yakmil Abdul Karim, Kabid Sosial dan Politik, Kesbangpol Pulau Morotai.

Lanjut yakmil, Beliau pimpinan saya saat ini di Kesbangpol, almarhum orangnya sangat baik dan bijaksana. Tidak pernah marah terhadap staf, dan lebih banyak memberi nasehat.

“Almarhum Lebih mengutamakan kpentingan staf dan sangat disiplin trhadap tugas dan tanggung jawab” kenang yakmil.

Kekaguman ini juga disampaikan akademisi UNIPAS Morotai, Irfan Hi Abdurrahman,

“Innaa Lillahi wa Innaa Lillaihi Raji’un, sesungguhnya setiap mahluk hidup akan mengalami kematian. Sesungguhnya kita semua adalah milik Allah dan

kita semua akan kembali ke Hadirat-Nya. Pada hari ini rabu 11 April 2018 segenap rakyat morotai harus kehilangan sosok yang begitu besar berjasa memekarkan kabupaten pulau morotai. Kepergian beliau sangat mengagetkan kita Semua. Almarhum Bapak Drs Lukman Badjak. Yang kami kenal adalah merupakan figur yang sangat bijaksana, sabar, pengayom dan teguh memegang prinsip” jelas irfan mengenangnya.

Irfan juga menambahkan bahwa, Beliau telah menunjukkan dedikasi dan komitmen yang tinggi pengabdianya terhadap rakyat morotai.

“Perjuangannya telah membuahkan hasil tapi, beliau tidak pernah menujukan kesembonganya sebgai tokoh yang berjasa terhadap rakyat morotai beliau tetap rendah hati sebagai abdi negara hal itu dibuktikan beliau ditempatkan dimana saja selalu siap melaksanakannya dengan penuh tangungg jawab.” ucap irfan mengaguminya.

Lanjutnya, kami merasa kehilangan akan sosoknya, kami masih membutuhkannya dan akan selalalu membutuhkanya, tetapi Allah lebih mencintainya, hari ini kita harus merelakan kepergiannya.

“Atas nama rakyat morotai kami, mengucapkan terima kasih kepada almarhum Bapak Lukman Badjak, atas perjuangannya, memekarkan Kabupaten Pulau Morotai, semangat dan perjuanganmu akan senantiasa kami kenang sepanjang masa dan kami jadikan pelajaran untuk mengisi jerih paya perjuanganmu. Kepada keluarga yang ditinggal kami mengucapkan turut berbelasungkawa yang mendalam atas kepergian Almarhum, kami semua ikut berdoa agar arwah beliau diterima di sisi Allah SWT sesuai amal dan ibadahnya serta diampuni segala dosanya. Juga tidak lupa atas rakyat morotai mendoakan agar Ibu dan putra-putri almarhum maupun keluarga yang ditinggalkan, dapat kiranya diberikan oleh Allah SWT keikhlasan, kekuatan dan ketabahan dalam melepas kepergian almarhum” harapan dan doanya mengahiri komentarnya.

Sesuai pantauan i-malut.com, almarhum yang sebelumnya direncanakan dimakamkan di Morotai tapi tidak jadi, karena seluruh anak-anaknya berada di ternate, dan mereka meminta jasad ayah mereka dibawa ke ternate.

Ribuan masyarakat Kabupaten Pulau Morotai mengantar mengiringi jenazah almarhum Lukman Badjak ke pelabuhan speed Daruba. jasad almarhum di antar menuju tobelo menggunakan Speed pemda pada jam 10 pagi, kemudiam melintas dengan mobil ke sofifi dan kemudian ke ternate, dirumah duka di kelurahan koloncucu ternate untuk disemayamkan.

Almarhum bertugas sebelumnya Pulau Morotai statusnya masih kecamatan di bawah Kabupaten Halmahera Utara, dan almarhum menjabat sebagai camat morotai selatan sampai mengantar morotai menjadi kabupaten definitif.

“Almarhum merupakan Camat terlama di Kecamatan Morotai Selatan, karena kesuksesan dalam bertugas. selanjutnya dalam perjuangan pemekaran Pulau Morotai menjadi Kabupaten, almarhum banyak berkorban, baik harta, jabatan, tenaga dan pikirannya, jasa-jasa almarhum selalu kami abadikan dalam sejarah pemekaran pulau morotai”. ungkp Syakir Sandri, kawan seperjuangan almarhum dipemekaran Pulau Morotai.

Berikut Profil Almarhum Drs.Lukman Sy Badjak, tanggal lahir Galela 16 Nov 1965. Jabtan saat ini, Kepala Badan Kesangpol Morotai. meninggalkan 3 org anak dan seorang istri. Karier : Camat Morsel, Kepala Kantor Kesbangpol 2009-2011, Staf Ahli Bupati 2012-2014, Asisten 1 2014-2017, Kaban Kesbangpol 2017-April 2018.

Almarhum Drs. Lukman Sy Bandjak, Kepala Kesbangpol Morotai

Rep/Red : (Lilo)

--

BERITA LAINNYA

TERPOPULER